Definisi Pendidikan, IPS dan Pendidikan IPS Menurut Para Ahli

Monday 3 June 2013


Definisi Pendidikan dari beberapa ahli

1.      Ahmad D. Marimba
“Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama”.

2.      Langeveld
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya”.

3.       Darmaningtyas
“Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih baik”.

 Definisi IPS dari beberapa ahli

1.         Moeljono Cokrodikardjo
“IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari”.

2.         Soemantri
IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan”.

3.         S. Nasution
“IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial”.

Definisi Pendidikan IPS dari beberapa ahli

1.      Numan Sumantri
            “Pendidikan IPS adalah suatu penyederhanaan ilmu-ilmu sosial, ideologi negara dan disiplin ilmu lainnya serta masalah-masalah sosial terkait, yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan pada tingkat dasar dan mengengah”.

2.      Mayhood, dkk
            “Pendidikan IPS terdiri dari sejarah, geografi, dan filosofi yang dalam prakteknya yang dipilih untuk tujuan instruksional di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi”.

3.      Lasmawan 
           “Pendidikan IPS adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat sintetis dan diorganisir secara terintegrasi dalam rangka pengembangan disiplin ilmu-ilmu sosial secara ilmiah dan psikologis bagi kepentingan peserta didik”.

                                           DAFTAR PUSTAKA


                                                                                                                                        



0 comments: