Karakteristik Konsep Sejarah

Sunday 9 June 2013

Konsep Sejarah
1.      Pengertian Sejarah
Apa itu Sejarah ? Pengetian Sejarah secara umum “Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau”.
Sejarah sesungguhnya melekat pada tiap benda, tiap diri mahluk, baik yang hidup dan tak hidup, tiap fenomena yang ada di alam raya ini. Dengan kata lain, setiap apa yang ada di alam raya ini memiliki sejarah  masing-masing atau paling tidak riwayat asal-usulnya.
Dalam mata kuliah Konsep Dasar IPS, sejarah ini terutama ditujukan pada pembahasan hidup dan kehidupan manusia dalam konteks sosialnya. Oleh karena itu pembahasannya menitik beratkan kepada “Sejarah sebagai salah satu bidang ilmu sosial yang dapat dikonsepkan”.
Kunci dalam pengertian Sejarah terletak pada masa lampau, baik itu berupa peristiwa, pengalaman kolektif maupun riwayat masa lampau tersebut.
Sejarah sesungguhnya melekat pada tiap benda, tiap diri makhluk hidup (baik yang hidup dan tidak hidup), serta setiap fenomena yang terdapat di alam raya ini.
Dengan kata lain, tiap apa yang ada di alam raya ini memiliki sejarah masing-masing, atau paling tidak ada riwayat asal-usulnya.
Pada mata kuliah IPS  sejarah ini terutama ditujukan kepada pembahasan hidup dan kehidupan manusia dalam konteks sosial.
Oleh karena itu, pembahasan sejarah menitik beratkan pada sejarah sebagai salah satu bidang ilmu sosial yang dapat dikonsepkan sebagai ilmu  sejarah.
Secara objektif, suatu  peristiwa ataupun pengalaman hidup dimasa lampau tidak dapat diulang kembali.
Konsep Dasar Sejarah
Sejarah sebagai bidang ilmu sosial memiliki konsep dasar, konsep dasar itu antara lain :
1.      Waktu.
2.      Dokumen.
3.      Alur peristiwa.
4.      Kronologi.
5.      Peta.
6.      Tahap-tahap peradaban.
7.      Ruang.
8.      Evolusi.
9.      Revolusi
Waktu dan Ruang, merupakan konsep dasar pada sejarah, karena peristiwa tidak dapat dikatakan sebagai fenomena dan fakta sejarah jika tidak dinyatakan waktu terjadinya terutama waktu yang menunjukkan masa lampau.
Dokumen, merupakan suatu peninggalan atau bukti fisik yang berkaitan dengan suatu fenomena atau fakta tertentu.
Alur Peristiwa, menjelaskan mengenai tahapan-tahapan suatu rentetan peristiwa atau pengalaman sejarah masa lampau berdasarkan urutan waktu terjadinya. Hal ini sama juga dengan Tahapan-tahapan Peradaban, Evolusi dan Revolusi, konsep ini mengungkapkan perkembangan serta kemajuan suatu masyarakat, baik itu secara sosial ataupun secara pengetahuan dan teknologi.
Kronologi, mengungkapkan dinamika peristiwa atau pengalaman sejarah yang menunjukkan perkembangan dan perubahannya.
Peta menunjukkan tempat dan letak terjadinya suatu kejadian yang pernah tejadi dimasa lampau.
Suatu peristiwa ataupun pengalaman hidup masa lampau tidak dapat diulang kembali, namun dengan menerapkan suatu metode, peristiwa atau pengalaman tersebut dapat direkonstruksi dan disusun kembali.

2.      Pengertian Sejarah menurut para Ahli
Sebelum kita menelaah Sejarah dalam bidang ilmu dan ilmu-ilmu sosial, terlebih dahulu kita akan menelaah apa sesungguhnya sejarah itu.
-  Hugino dan P.K. Poerwantana
Sejarah adalah gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami manusia, disusun secara ilmiah meliputi urutan waktu, diberi tafsiran dan analisis kritis sehingga mudah dimengerti dan dipahami.
-  Sartono Kartodirdjo
Sejarah sebagai bentuk penggambaran pengalaman kolektif pada masa lampau.
-  Ephrain Fischoff
Sejarah ialah riwayat tentang masa lampau atau suatu bidang ilmu yang menyelidiki dan menuturkan riwayat itu sesuai metode tertentu yang terpercaya.
-  Edward Hallet Carr
Sejarah ialah suatu proses interaksi serba terus menerus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada pada suatu fenomena tertentu.
-  Robert V. Daniel
Sejarah ialah kenangan pengalaman umat manusia.
-   James Banks
Semua peristiwa masa lampau adalah sejarah (Sejarah sebagai kenyataan). Sejarah dapat membantu untuk memahami prilaku manusia pada masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang.
-  Jhon Seely
Kita belajar sejarah agar kita lebih bijaksana sebelum peristiwa itu terjadi.
Dengan demikian, jelaslah bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau sehingga sejarah memiliki tugas pokok yaitu membuka suatu tabir kehidupan manusia masa lampau untuk dipaparkan pada generasi masa kini, dengan tujuan agar generasi masa kini dapat mengetahui, memahami, dan mencontoh hal-hal yang positif dari generasi masa lampau, serta sebagai khasanah ilmu pengetahuan.
Karakteristik sejarah adalah ilmu yang berhubungan erat dengan waktu sehingga sejarah sering pula dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari waktu yakni waktu lampau, dan yang akan datang (The past, present and the future).
Tujuan yang ingin dicapai dalam sejarah adalah :
1.      Mengalisis latar belakang timbulnya suatu masalah dimasa lampau serta akibat-akibatnya.
2.  Menganalisis karakteristik dan dinamika dari suatu fenomena dimasa lampau untuk mempertahankan hal-hal positif dalam kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.
3. Menganalisis karakteristik dan dinamika dari fenomena di masa lampau untuk mengantisipasi hal negatif dimasa lampau terulang dimasa kini atau masa yang akan datang.



0 comments: